11 November 2011

Peringkat Pulau Komodo Masuk 10 Besar New 7 Wonder

Peringkat Pulau Komodo Masuk 10 Besar New 7 Wonder – Walaupun beberapa pihak meragukan pihak penyelenggara, namun hal tersebut tidak mempengaruhi posisi Taman Nasional Komodo di antara para pesaingnya. Berdasarkan data yang ada di situs New7Wonders (N7W) posisi Pulau Komodo berada di posisi 10 besar.

Berikut 10 Besar New 7 Wonder

1.      Laut Mati (Jordania, Israel, Palestina)
2.      Grand Canyon (Amerika Serikat)
3.      Great Barrier Reef (Australia)
4.      Halong Bay (Vietnam)
5.      Jeita Grotto (Lebanon)
6.      Pulau Jeju (Korea Selatan)
7.      Pulau Komodo (Indonesia)
8.      sungai bawah tanah Puerto Princesa (Filipina)
9.      Sundarbans (Banglades, India)
10.  Vesuvius (Italia)

Head of Communication for New7Wonders Eamonn Fitzgerald mengatakan, 10 finalis ini merupakan hasil sementara. Komposisi ini dapat berubah sebelum penentuan tujuh keajaiban pada 11 November 2011.


Masalah Transparansi Pemeringkatan

Menanggapi hasil sementara tersebut, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mempertanyakan transparansi dari pemeringkatan tersebut.

"Kalau secara pengalaman, tidak ada itu transparansi jumlah suara. Yang masuk berapa, kami tidak tahu. Kalau peringkat sementara selalu ada, kami bisa lihat kadang komodo di nomor 2, kadang nomor 18. Itu yang kami pertanyakan saat itu. Dasarnya apa kami bisa di peringkat sementara itu, memangnya jumlah suara sudah berapa. Ini, kan, seakan-akan terserah dia saja mau peringkat berapa," jelas Sapta

Tak hanya Indonesia, Maladewa sebagai salah satu finalis juga mempertanyakan transparansi jumlah suara yang masuk. Berbeda dari Indonesia, Maladewa memutuskan keluar dari ajang N7W dengan berbagai alasan, antara lain N7W meminta uang untuk berbagai kebutuhan dan juga masalah transparansi suara.

credits: http://www.berita-ane.com/2011/11/pulau-komodo-masuk-10-besar.html

0 comments:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►